Bukit Cendana, Pesona Baru Wisata Alam di Yogyakarta

Geliat wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) seperti tak ada hentinya. Tujuan wisata baru terus bermunculan menawarkan pesona dengan karakter yang berbeda dari tahun ke tahun. Hal inilan yang semakin menguatkan Yogyakarta sebagai tujuan wisata utama di Indonesia.

Salah satu yang baru dan mencoba menarik wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk mampir adalah Bukit Cendana. Lokasi wisata alam baru ini lokasinya berada di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi yang sudah mengenal Waduk Sermo, nah sebenarnya Bukit Cendana ini tidak jauh dari Waduk Sermo bahkan ada di satu kawasan. Atau mungkin yang sudah mengenal kemasyuran Kalibiru, nah Bukit Cendana juga terletak dalam area yang sama.

Sama halnya dengan Waduk Sermo ataupun objek wisata Kalibiru yang sudah jauh terkenal, Bukit Cendana juga mengandalkan pesona alam sebagai daya tarik utama. Sumber daya alam di kawasan ini memang sangat cantik dan potensial dikembangkan sebagai lokasi wisata bila digarap dengan bagus.

Keistimewaan

Lalu apa yang menarik dan jadi keistimewaan dari keberadaan Bukit Cendana?. Sebenarnya konsepnya hampir sama dengan objek wisata Kalibiru. Bukit ini menawarkan pesona alam untuk berfoto, selfie serta menikmati panorama dengan latar belakang Waduk Sermo.

Di sini juga telah dibangun gardu pandang yang kerap digunakan sebagai lokasi foto selfie. Wisatawan terutama anak-anak muda sekarang akan sangat menyukai karena memang tempat ini begitu instagramable, dengan pemandangan hijau, udara yang sejuk serta lokasinya yang masih jauh dari ingar-bingar orang dan hiruk pikuk keramaian kota.

Obyek wisata alam Bukit Cendana boleh disebut masih baru lahir, seumur jagung. Jadi secara infrastruktur belum tertata atau belum dibangun. Namun untuk mencapainya tidaklah terlalu sulit.

Pertama untuk menuju ke lokasi cukup gampang sebab bukit ini telah masuk di google maps. Kedua, setelah tiba di lokasi, bisa memarkir kendaraan dan jalan kaki atau trekking ke puncak bukit untuk jarak yang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 menitan saja.

Tetapi memang ada baiknya ketika trekking membawa bekal minuman atau makanan, karena belum ada warung makan yang buka. Selain itu meskipun jalur trekking tak berat, tetapi tetap siapkan antisipasi.

Capeknya akan terbayar saat sudah berada di atas bukit. Pengunjung akan puas berfoto untuk menambah koleksi postingan di akun sosial media. Dijamin foto yang dihasilkan akan terlihat indah. Untuk naik ke Bukit Cendana masih gratis. Traveler hanya mempersiapkan uang untuk parkir kendaraan saja.