Sop Kaki Kambing Bang Udin Yogyakarta, Kuliner yang Lezatnya Tidak Terlupakan

Ketika wisatawan sedang singgah di Yogyakarta, salah satu kuliner yang harus dicoba adalah Sop Kaki Kambing Bang Udin. Sop Kaki Kambing Bang Udin ini berbeda dengan sop kaki kambing biasanya. Salah satu pembedanya adalah aromanya yang tidak tercium bau prengus dan amis.

Sop Kaki Kambing Bang Udin terletak di Jl. Cik Ditiro Yogyakarta, persisnya di antara SMP Negeri 1 dan RS Panti Rapih. Di sana, wisatawan pecinta kuliner akan menemukan tenda Sop Kaki Kambing Bang Udin yang memberikan aneka variasi masakan.

Variasi menu

Meskipun kedai ini memiliki nama Sop Kaki Kambing Bang Udin, namun bukan hanya sop kaki kambing yang disajikan. Terdapat juga variasi lain seperti paru, babat, usus, lidah, sum-sum sampai tulang muda yang semuanya diambil dari hewan ternak kambing.

Sop Kaki Kambing Bang Udinb terlihat lebih spesial dibandingkan dengan kuliner lainnya. Hal ini karena resepnya adalah paduan antara racikan khas Tanah Abang serta Yogyakarta.

Obyek wisata kuliner ini buka dari sore hingga malam hari. Setiap hari, Sop Kaki Kambing Bang Udin selalu dipenuhi oleh pecinta kuliner khususnya olahan daging kambing. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang merupakan wisatawan dari luar daerah dan sengaja jauh-jauh datang ke warung Sop Kaki Kambing Bang Udin ini untuk menikmatinya.

Tingkat kelezatan yang sempurna

Berkunjung ke depot Sop Kaki Kambing Bang Udin, traveler dapat memilih bagian kambing yang ingin disantap seperti bagian kepala, bagian jeroan, daging atau kaki kambing. Sesudah daging dipilih, nantinya juru masak akan muai meracik pesanan dengan lihai.

Meskipun kuah terlihat kental, namun sesudah mencicipi kuah Sop Kaki Kambing Bang Udin ini, traveler tak akan merasa terlalu kental. Justru rasa gurih yang mendominasinya. Selain itu irisan tomat juga memberi rasa asam serta segar.

Jika traveler merasa kuah terlalu kental dan ingin yang lebih segar, dapat menambah perasan jeruk nipis yang selalu disediakan di meja. Sekilas, sajian Sop Kaki Kambing Bang Udin ini terlihat seperti sop yang lainnya. Di dalamnya terdapat kuah yang bercampur dengan santan, kaki kambing, remasan emping serta taburan daun bawang.

Tetapi, siapa yang menyangka apabila dibalik kesederhanaan sajian Sop Kaki Kambing Bang Udin ini tercium aroma rempah yang sangat menggoda selera. Traveler tidak akan mencium aroma prengus yang seringkali ada dalam olahan daging kambing.

Harga seporsi sup daging kambing di depot Sop Kaki Kambing Bang Udin ini sebesar sekitar 20 ribu rupiah saja. Tidak terlalu menguras isi kantong, sehingga sangat cocok didatangi oleh penikmat wisatawan kuliner baik dari kelas ekonomi hingga kelas atas.